Headlines News :
Home » » Tingkatkan Sholat dan Silaturahmi

Tingkatkan Sholat dan Silaturahmi

Written By Unknown on Sabtu, 13 April 2013 | 23.19




Bismilahirrohmanirrohim.
Assalamualaikum Wr.Wb,

Saudaraku dirahmati Allah, marilah kita  senantiasa  bersyukur kepada Allah SWT atas berbagai rahmat, karunia dan hidayah yakni Islam, Iman dan Ihksan tak ternilai harganya ini untuk meningkatakan amalan-amalan ibadah selagi kita masih diberikan kesempatan waktu kepadaNya.

Selawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada junjungan alam Baginda Rosullulah Muhammad SAW , para keluarga, sahabat dan umat serta termasuk kita semua semoga selalu istiqomah memegang risalahNya.

Kaum muslimin dimanapun berada, pada Jumat (12/04/2013) Ustad Sadit mengingatkan kita semua agar  untuk meningkatkan  iman dan taqwa kepada Allah SWT. Artinya iman dan  taqwa yang  sesungguhnya, sebab nantinya dihadapan Allah manusia tidak  akan dilihat pangkat,  kedudukan dan status sosial seseorang tapi semata-mata  akan dilihat oleh Allah SWT adalah iman dan taqwa  seseorang.

Ustad Sadit mengilustrasikan bagaimana saat kita sholat berjamaah duduk sama tinggi dan berdiri bersama, hal ini menandakan bahwa dalam urusan sholat saja Allah SWT telah memberikan makna dalam tentang pentingnya duduk dan berdiri bersama-sama. Artinya, beribadah sholat di dunia saja bahwa perbedaan apakah orang itu kaya raya, berkedudukan tinggi, golongan bangsawan dan seorang jenius semua sama duduk dan berdiri sama rendah.

Disamping itu, Ustad Sadir menilai ibadah wajib banyak lagi ibadah mendapat penilaian amat baik dari Allah,  salah satunya dalam Islam menyuruh umatnya memperbanyak silaturrahmi dengan siapapun dan dimanapun. Sebab dalam setiap kehidupan keseharian, setiap individu selalu membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup sendiri. Silaturahmi merupakan ibadah sangat mulia, mudah dan membawa berkah.

Kaum muslimin hendaknya tidak melalaikan dan melupakannya, karena itu merupakan ibadah  yang paling indah berhubungan dengan manusia, sehingga perlu meluangkan waktu untuk melaksanakan amal shalih ini. Silaturahim termasuk akhlak yang mulia.  Dianjurkan dan oleh Islam juga diseru.

Peringatan  terdapat dalam Al-Qur’an untuk tidak memutuskan tali silaturrahmi. Allah Ta’ala telah menyeru hambanya berkaitan dengan menyambung tali silaturahmi dalam sembilan belas ayat di kitab-Nya mulia. Allah Ta’ala memperingatkan orang yang memutuskannya dengan laknat dan adzab.
Firman Allah SWT artinya, “Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikanNya telinga mereka, dan dibutakanNya penglihatan mereka.” (QS Muhammad :22-23).

Oleh karena itu, perlulah kita kembali menumbuhkan semangat bersilaturahim sebagai bentuk menambah semangat kaum muslimin. Bukankah silaturahmi merupakan satu kebutuhan yang dituntut fitrah manusia? Karena dapat menyempurnakan rasa cinta & interaksi sosial antar umat manusia. Silaturahmi juga merupakan dalil & tanda kedermawanan serta ketinggian akhlak seseorang.

Memutus tali silaturrahmi adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam agama Islam, Allah berfirman: artinya, "Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) namaNya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu." (Q.S An-Nisaa' : 1)

Diterngkan juga oleh  Rasulullah SAW, Allah SWT akan melapangkan rezeki orang yang suka menyambung tali silaturahmi. Allah juga akan memanjangkan umur kepadanya. Dalam sabdanya :‏ artinya “Barangsiapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturahim.” (H.R Bukhari)

Dalam hadits Abu Hurairah, sabda Rasulullah yang lain: Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah bersilaturahmi" (Muttafaqun 'alaihi)

begitu sangat pentingnya silaturahmi dalam Islam, berikut merupakan 10 manfaat Silaturahmi menurut Abu Laits Samarqandi, antara lain:

1. Mendapatkan ridha dari Allah SWT.
2. Membuat orang yang kita dikunjungi berbahagia. Hal ini amat sesuai dengan sabda Rasulullah    SAW, yaitu "Amal yang paling utama adalah membuat seseorang berbahagia."
3. Menyenangkan malaikat, karena malaikat juga sangat senang bersilaturahmi.
4. Disenangi oleh manusia.
5. Membuat iblis dan setan marah.
6. Memanjangkan usia.
7. Menambah banyak dan berkah rejekinya.
8. Membuat senang orang yang telah wafat. Sebenarnya mereka itu tahu keadaan kita yang masih hidup, namun mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Mereka merasa bahagia jika keluarga yang ditinggalkannya tetap menjalin hubungan baik.
9. Memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama, meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan, mempererat dan memperkuat tali persaudaraan dan persahabatan.
10. Menambah pahala setelah kematiannya, karena kebaikannya (dalam hal ini, suka bersilaturahmi) akan selalu dikenang sehingga membuat orang lain selalu mendoakannya.

Semoga kita termasuk semua kedalam orang-orang yang suka bersilaturahmi. Senantiasa dalam lindunganNya. Amin.

Wassalam Wr. Wb.

Semoga bermanfaat

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Template | Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dakwah DKM MASJID AT' TAQWA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Zack Template