Headlines News :
Home » » Renofasi Imam dan Menutup Bagian Depan Masjid

Renofasi Imam dan Menutup Bagian Depan Masjid

Written By Unknown on Sabtu, 13 April 2013 | 23.33


Bismilahirromanirrohim
Assalamualaikum Wr. Wb.

Saudaraku se Jamaah, semoga senatiasa mari kita bersyukur kepada Allah SWT atas berbagai keberkahan dan karuniaNya tak bisa menghitungnya satu persatu untuk terus meningkatkan Islam, Iman dan Ihksan kita kepadaNya. Diantara amalan-amalan lain, sebagai penambah kekuatan iman kita kepada Allah SWT yakni membelanjakan sebagian kecil harta di jalan Allah.

Selawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada seorang manusia sepanjang massa luar biasa budi pekerti panutan seluruh alam Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga,sahabat dan umat hingga kita semua semoga senantiasa istiqomah dalam memegang risalahNya.Amin.

Saudaraku se-Iman, pada Sabtu malam (13/04/13) bakda sholat Isya para jamaah tergabung dalam Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Attaqwa berjumlah sekitar 10 orang  bersilahturahim untuk rapat membahas berbagai hal tentang keberadaan rumah Allah bernama masjid.

Intinya rapat bahwa membahas peningkatan pelayanan ibadah kususnya  fasilitas penunjang masjid sebagai kebanggan jamaah Attaqwa Bumi Ciluar Indah (BCI). Kegiatan rapat dipimpin Ketua DKM Subagiyo, Wakil DKM  H Endang Supriatna, Skretataris II DKM Ismartaya, Seksi Perayaan Islam H Triatmodjo, Seksi Dakwah Muchtar Lintang, Seksi Perlengkapan Aep Hermana, Seksi Umum H Dodik S, Seksi Sarana Prasarana Kandar, Bendahara Prabowo WD, H Yudi dan Efendi serta undangan lain.

Dalam rapat dipaparan, bahwa sebagaimana masukan dari para jamaah perlu dalam waktu dekat ini untuk merenofasi ruang imam dan menutup kanan serta kiri bagian depan ruangan masjid tersebut, hal ini juga sebagian besar masukan dari para jamaah.

Saat berlangsung kegiatan rapat masukan berbagai jamaah akhirnya memutuskan merenofasi imam dan menutup bagaian ruangan masjid. Kemudian Kandar selaku perancang dan pelaksana renofasi mengatakan, bahwa kegiatan renofasi dengan desain imam dan penutupan ruangan depan masjid Attaqwa ini akan menelan biaya Rp.29 juta lebih.

Renofasi terdiri dari ruangan imam  akan didesain dengan bentuk menyerupai serambi dan akan dilengkapi di kanan dan kiri dilengkapi rak yang selama ini masih belum teratur menaruh Alquran dan buku-buku lainnya.

Di sisi lain, yakni renofasi menutup ruangan bagian depan kanan dan kiri dengan desain memakai granit.  Nantinya terkesan lebih baik dari sekarang masih terbuka acap kali orang berjamaah mengeluhkan tentang belum ditutup ruangan paling depan itu, dinilai mengurangi kekyusukan sholat di masjid.

Didasarkan keterangan Prabowo kepada Ketua DKM, bahwa rencana renofasi imam dan menutup bagian depan kanan dan kiri dengan menggunakan lapisan luar granit berkisar Rp. 15 juta. "Jadi rencana renofasi imam dan menutup kanan dan kiri bagian depan ruangan masjid berkisar Rp 15 juta. Mendengan penjelasan Pak Bowo inilah kemudian digelar rapat ini," jelas Subagiyo.

Rapat pengurus DKM berlangsung cukup semangat dan seru berbagai masukan dari pengurus tak sebatas rencana renofasi saja dan sejumlah fasilitas lain perlu dibangun dalam rangka melengkapi fasilitas ibadah di masjid ini. Semula rapat alot terutama menyoal besaran dana renofasi sebesar Rp. 29 juta lebih ini, masukan dari Muchtar Lintang, Triatmodjo, dan Dodik agar diperkecil dalam pembiayaan renofasi tersebut.

Namun diperoleh penjelasan bahwa kalaupun mau dikurangi rencana renofasi masjid bagian ruang  imam dan menutup bagian depan kanan serta kiri paling-paling berkurang tak lebih dari Rp 5 juta. "Seandainya akan dikurangi volume pekerjaan renofasi desain  ruangan imam dan menutup bagian depan kanan dan kiri ruangan masjid berkisar berkurang Rp 5 juta," kata Kandar sekaligus berjanji akan segera membuat proposal dalam waktu dua atau tiga hari mendatang.

Mendapat penjelasan tersebut, pengurus rapat DKM kemudian memutuskan untuk tetap mengacu dengan rencana desain awal renofasi dengan biaya Rp 29 juta lebih,sebelum mengakhiri rapat melalui inisiatif Muchtar Lintang secara spontanitas meminta kepada bendara DKM Prabowo untuk langsung menulis bantuan dana  secara nominal kepada masing-masing pengurus dalam rapat tersebut.

Alhasil, saat dibacakan oleh Prabowo terkumpul Rp.6 juta dan ditambah dengan dana kas DKM Rp.5 juta sehingga untuk renofasi ruang imam dan menutup bagian depan kanan dan kiri total Rp. 11 juta. Untuk menutup kekurangan dana renofasi sebesar Rp 29 juta lebih, akan mencari dana talangan bersifat meminjam dan diputuskan dana ZIS sementara waktu akan dijadikan dana talangan.

Sedangkan, dengan semangat bergelora untuk beribadah dengan cara membantu menutupi kekurangan dana renofasi Rp.29 juta lebih ini, Istmaya dan H. Endang Supriatna akan mendatangi jamaah ke rumah-rumah. "Saya siap meminta sumbangan jamaah ke rumah-rumah. Dan saya juga siap," kata Ismartaya dan Endang Supriatna.

Pada kesempatan ini juga, pengurus DKM Masjid Attaqwa mengimbau kepada jamaah jika diberikan kelapangan rezeki Allah agar hendaknya untuk berpartisipasi ikut menginfakkan pada renofasi pembangunan masjid yang bersama-sama kita cintai ini.

Walaikumsalam Wr.Wb.

Semoga bermanfaat 

 

 

   
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Template | Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dakwah DKM MASJID AT' TAQWA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Zack Template