Headlines News :
Home » » Sholat Perintah Allah

Sholat Perintah Allah

Written By Unknown on Selasa, 04 Desember 2012 | 05.34


Bismilahirrohmanirrohim
Assalamualaikum WR.WB.

Saudaraku se-Iman di manapun berada,  marilah terus mengucap syukur atas berbagai nikmat sehat kita dan keluarga dan lebih-lebih nikmat Islam, Iman dan Ihksan semoga senantiasa kita istoqomah dan bahkan bisa meningkatkan amalan-amalan ibada kepada-Nya.

Selawat serta salam terlimpah curahkan kepada junjungan alam nabi besar Muhammad SAW kepada keluarga, para sahabat dan kita semua senantiasa terus mengamalkan risalah-Nya.

Saudaraku perlu kita terus mengasah amal-amalan kita melalui berbagai ilmu Alquran dan al hadis nabi Muhammad SAW termasuk untuk mengetahui tentang, yat-ayat menjelaskan waktu sholat dalam Alquran

Yakni, penjelasan mengenai perintah sholat diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad saw: Rasulullah menerima wahyu hanya di dua tempat yaitu di Mekah dan Madinah. Maka dikenal dengan Ayat-ayat Makiyah dan Madaniyah.

Dalam Alquran tidak ditemukan Allah membuat keputusan  berubah-ubah, hanya ada beberapa ayat yang turunnya bertahap untuk menetapkan hukum atau aturan hidup.

Firman Allah dalam QS Qaaf 50: 29,  artinya: Keputusan di sisi-Ku tidak dapat diubah dan aku sekali-kali tidak Menganiaya hamba-hamba-Ku. Bagi Allah dalam QS Al Israa’ 17: 77 dijelaskan tidak adanya perubahan dalam suatu ketetapan yang diwahyukan kepada Rasulullah, artinya: (kami menetapkan yang demikian) sebagai suatu ketetapan terhadap Rasul-rasul Kami yang Kami utus sebelum kamu dan tidak akan kamu dapati perubahan bagi ketetapan Kami itu.

Sholat sebagai pondasi dasar agama Islam, berdasarkan ayat ayat berikut salah satu perintah Sholat 5 (lima) waktu terdapat dalam Surat Al Israa’ 17:78 artinya: Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat (subuh). Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).

Dalam QS Maryam (19:30-31) diterangkan Nabi Isa pun telah melakukan sholat, artinya : 30. Berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi, 31.

Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup.

Dalam Alquran ketetapan sholat termasuk salah satu perintah Allah kepada Rasul yang paling awal. Sejak hari-hari pertama kerasulan, sejarah mencatat adanya sholat Rasul bersama Khadijah, ‘Ali dan kemudian dengan pengikut yang lain.

Alquran mencantumkan betapa kaum musyrik mengganggu pelaksanaan ibadah sholat ini. Ketentuan mengenai jumlah berapa kali shalat, difirmankan dalam Surat 11: 114 sholat yang dilakukan setiap pagi dan petang merupakan perpaduan bertasbih dan memuji Allah, demikian firman Allah dalam Surat Al Mu’min 40:55 artinya: Maka bersabarlah kamu, karena Sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi.

Ketetapan Allah mengenai perintah sholat malam dalam QS Al Muzzamil 73 : 2 tidak mengalami perubahan tetapi keringanan dari Allah mengenai kewajiban melaksanakannya  artinya: Bangunlah (untuk sholat) di malam hari[ ], kecuali sedikit (daripadanya).

Wassalamualaikum Wr Wb.

Semoga bermanfaat, amin
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Template | Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dakwah DKM MASJID AT' TAQWA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Zack Template