Headlines News :
Home » » TAZKIYATUN-NUFUS

TAZKIYATUN-NUFUS

Written By Unknown on Jumat, 02 Mei 2014 | 00.47







~TAZKIYATUN NUFUS (PENYUCIAN JIWA)~

Salah satu sisi ajaran agama yang tidak boleh terlupakan adalah tazkiyatun nufus (penyucian jiwa). Allah selalu menyebutkan tazkiyatun nufus bersama dengan ilmu.

~Allah SWT berfirman :
Sebagaimana Kami telah mengutus kepadamu Rasul di antara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al-Kitab dan Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui. (QS. Al-Baqarah : 151)
 ~Artinya :
Ilmu itu bisa jadi bumerang bila tidak disertai dengan tazkiyatun nufus. Oleh sebab itu dapat kita temui dalam biografi ulama salaf tentang :
~kezuhudan,
~keikhlasan,
~ketawadhu`an
~dan kebersihan jiwa mereka. 
Begitulah, mereka selalu saling mengingatkan tentang urgensi tazkiyatun nufus ini.
Dari situ kita dapati ucapan-ucapan ulama salaf sangat menghunjam ke dalam hati dan penuh dengan hikmah. Hamdun bin Ahmad pernah ditanya : “Mengapa ucapan-ucapan para salaf lebih bermanfaat dari pada ucapan-ucapan kita ?”
Beliau menjawab:
Karena mereka berbicara untuk kemuliaan Islam, keselamatan jiwa dan mencari ridha Ar-Rahman, sementara kita berbicara untuk kemuliaan diri, mengejar dunia dan mencari ridha manusia.

Wallahu ‘alam bish showab. Semoga bermanfaat.
Wassalam-SPU ***)
Share this article :

1 komentar:

  1. Teton Mesh - ITIAN DETAILS & ANTI-MATIC MESS
    Teton Mesh. titanium bikes Description: Teton babylisspro nano titanium Mesh is schick quattro titanium a soft mesh used in high quality titanium bikes fabric for an samsung titanium watch easy installation.

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Template | Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dakwah DKM MASJID AT' TAQWA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Zack Template