Headlines News :
Home » » AMAL BUKANLAH HARGA SURGA

AMAL BUKANLAH HARGA SURGA

Written By Unknown on Sabtu, 30 Maret 2013 | 00.13





AMAL BUKANLAH HARGA SURGA

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Assalamu ‘alaikum wr.wb,

Para pecinta dakwah DKM-Masjid At-Taqwa yang dirahmati Allah Swt. Semoga kita pada saat ini senantiasa berada dalam rahmat, lindungan dan ridlo-Nya, Sholawat dan salam semoga terlimpah kepada junjungan alam, panutan seluruh makhluk, Nabi Muhammad Saw, juga kepada keluarga, para sahabat dan seluruh pengikutnya hingg akhir zaman. Semoga kita termasuk hamba-hamba yang diberi kekuatan untuk tetap istiqomah di jalan Allah dan senantiasa menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah Saw. Amiin.....

Surga Allah adalah suatu hal yang didamba-dambakan muslim dan mukmin sejati. Bahkan itulah yang mendorongnya untuk beramal sholeh di dunia ini. Namun demikian ada sebuah permasalahan yang terkadang samar bagi seorang muslim dan mukmin. Permasalahan tersebut adalah bagaimana memahami kedua dalil yang seolah bertentangan.

Kedua dalil tersebut adalah Firman Allah Subhana wa Ta’ala :

“Barangsiapa yang mengerjakan amal sholeh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik (yaitu surga) dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”.(QS : An Nahl [16] :97).

Dan hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam sebagaimana yang dicantumkan Imam Muslim dalam kitab Shohihnya :

Muhammad bin Abdullah bin Numai telah mengabarkan kepada kamu, telah menceritakan ayahku, Al A’masy telah menceritakan kepada kami dari Abu Sholeh dari Abu Hurairah Rodhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan,
“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam telah bersabda, “Dekatkanlah diri kalian dengan Allah dan beramal sholehlah karena sesungguhnya tidaklah amal kalian yang memasukkan kalian ke surga”. Kami (para sahabat bertanya), “Apakah hal itu juga berlaku bagimu wahai Utusan Allah?” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menjawab, “Ya, demikian juga denganku (amal seseorang tidak akan memasukkannya ke surga) melainkan karena Allah ‘Azza wa Jalla melimpahkan rahmat dan keutamaan Nya) kepadaku”.

Maka bagaimana memaknai kedua dalil di atas dengan benar ?

Jawabnya adalah, dengan kita katakan bahwa yang dimaksud dengan amalan sholeh seseorang tidaklah memasukkannya ke surganya Allah Swt, adalah amal seseorang bukanlah harga surga, melainkan yang benar adalah amal merupakan sebab seseorang akan dimasukkan surga oleh Allah Swt. Kita tidaklah ragu bahwa amal merupakan sebab yang dapat memasukkan seseorang ke dalam surga dan selamat dari neraka, namun amal bukanlah harga surga, amal bukanlah satu-satunya hal yang dapat memasukkan seseorang ke dalam surga. Namun rahmat dan keutamaan Allah bersama dengan amal sholeh seseoranglah yang memasukkannya ke surga dan menyelamatkannya dari neraka.

Diantara dalil yang menguatkan pemahaman di atas adalah hadits Nabi Saw :
“Sesungguhnya seorang hamba jika telah ditentukan/ditaqdirkan padanya suatu tingkatan (di surga) yang belum sampai dengan sebab seluruh amalnya maka Allah akan timpakan padanya musibah berkaitan dengan dirinya, hartanya atau pada anaknya, kemudian ia bersabar atas hal tersebut sehingga dengan sebab hal tersebut Allah sampaikan ia pada tingkatan (di surga) yang telah ditetapkanNya”.

Berlandaskan penjelasan ini kita dapat mengambil faedah bahwa seseorang tidaklah boleh takjub dengan amal sholehnya, karena amal seseorang sangatlah rendah apabila dibandingkan dengan hak-hak Allah yang harus ditunaikan seorang hamba.

Demikian juga seorang hamba hendaklah terus menerus memperbanyak dzikir kepada Allah dan berdoa kepadaNya agar Allah Swt meng-anugrahkana rahmat baginya. Semoga kita semua senantiasa diberikan kekuatan oleh Allah Swt, untuk dapat menjalankan perintah-perintahNya, dan menjauhi segala laranganNya dengan sebaik-baiknya, dengan penuh ikhlas mengharap RidloNya. Serta tak lupa dalam hidup dan kehidupan ini selalu menegakkan sunnah-sunnah Rasulallah Saw, Sehingga kita selamat di dunia maupun di akhirat kelak, yang tak lepas dari Rahmat Allah Swt dan Syafaat Rasulullah Saw. Amiin.....  

Wallahu ‘alam bish-showab. Semoga bermanfaat.
Wassalam. (SPU***)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Template | Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dakwah DKM MASJID AT' TAQWA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Zack Template